Panen Raya Padi GP3K di Cikeusik

  • Monday, 26 Nov 2012 19:16 pm | 1140 kunjungan
Panen Raya Padi GP3K di Cikeusik
KAB.PANDEGLANG – Seluas 150ha sawah yang berlokasi di petak 49E melakukan panen raya padi Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) Perum Perhutani tingkat Provinsi Banten, di Kawasan Hutan Produksi Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten, Cikeusik, Kab. Pandeglang, Rabu (4/4).
Padi ini ditanam sejak bulan November tahun lalu. Perum Perhutani menyediakan kawasan hutan seluas 3.313,04ha yang tersebar di Kab. Pandeglang seluas 2.053,59ha tersebar di 6 kecamatan dan Kab. Lebak seluas 1.259,45ha tersebar di 7 kecamatan untuk ditanami padi dan jagung dengan 2 varietas, pada lahan basah ditanam varietas Ciherang dan pada lahan kering varietas Situ Bagendit.
Untuk mendukung program GP3K dan penggunaan 2 varietas yang diunggulkan di tempat tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bekerja sama dengan Direktur Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH) Pengembangan Usaha Hutan Rakyat (PUHR) Perum Perhutani menangani panen raya padi tersebut.
Panen raya yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Muhadi dan Direktur Utama PSDH dan PUHR Perum Perhutani-Mustoha Iskandar tersebut sengaja dilakukan pihak Pemerintah dan PSDH untuk memotivasi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan agar bisa lebih menjaga dan memaksimalkan potensi yang ada di hutan dan sekitarnya.
Dalam kesempatan tersebut, Mustoha Iskandar menghimbau kepada seluruh jajaran Perhutani yang ada di Banten agar bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.
“Saya meminta kepada seluruh jajaran Perhutani di Banten untuk membantu seluruh masyarakat yang berada di sekitar hutan agar tidak kelaparan” pinta Mustoha.
Sementara itu, Sekda mengajak kepada seluruh masyarakat setempat khususnya mereka yang tinggal di sekitar hutan untuk dapat terus menjaga sumber daya alam yang ada di hutan, mengingat banyaknya dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari kelestarian hutan. Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait sehingga bisa terlaksananya panen raya ini.
“Saya ucapkan terima kasih kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang telah mengupayakan lahan sehingga bisa dilaksanakannya panen raya ini” tutur Sekda.
Dalam acara tersebut Pemprov Banten juga memberikan bantuan kepada kelompok tani setempat, berupa bantuan benih padi CBN untuk kegiatan SL-PTT tahun 2012 dan pestisida jenis tiram sebanyak 16 paket.
Mewakili Pemerintah Provinsi Banten, Sekda juga mengucapkan selamat atas dilaksanakannya panen raya Perhutani di Desa Cikeusuik, Kab.Pandeglang yang diharapkan panen raya ini menjadi titik awal yang lebih baik bagi proses pelestarian hutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.
(humas prov. Banten)

Statistik Pengunjung

Visit Today 1,072
Total Visit 297,043
Hits Today 1,125
Total Hits 449,189
Who's Online 36

Your IP : 54.198.143.210