Profil Bidang Pengusahaan Hutan dan Kebun 2013

  • Wednesday, 13 Mar 2013 18:44 pm

Bidang Pengusahaan Hutan dan Kebun (Bidang PH&K)) sebagai salah satu unit kerja eselon III di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Proinsi Banten mempunyai peran yang sangat strategis dalam bidang pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan dan kehutanan melalui peningkatan mutu, nilai tambah dan daya saing produk perkebunan dan kehutanan, jaringan pemasaran serta pemberdayaan petani, serta pemanfaatan dan pengembangan potensi hasil hutan bukan kayu dan fasilitasi perijinan bidang perkebunan dan kehutanan.

Secara garis besar kebijakan prioritas sasaran pokok kegiatan yaitu; 1) Peningkatan mutu, daya saing dan nilai tambah, 2) Pengembangan dan pemanfaatan potensi kehutanan dan perkebunan, 3) Penguatan industri primer hasil hutan dan kebun, 4) Pelayanan dan pemberian rekomendasi perijinan kehutanan dan perkebunan, 5) Penguatan kelembagaan dan peningkatan sumberdaya manusia, 6) Monitoring, evaluasi, pengawasan, dan pelaporan.

Dari ke enam kebijakan prioritas sasaran pokok kegiatan tersebut dibagi habis ke dalam seksi Pengolahan dan Pemasaran, seksi Pemanfaatan dan Aneka Usaha, dan seksi Perijinan. Uraian kebijakan prioritas sasaran pokok kegiatan yaitu :

  1. Peningkatan mutu, daya saing dan nilai tambah :
    1. Peningkatan mutu olahan
    2. Peningkatan kualitas kemasan produk olahan
    3. Peningkatan aneka olahan beserta produk turunannya
    4. Sertifikasi jaminan mutu, pangan organik, SNI wajib biji kakao, sertifikasi legalitas kayu (SLK), dan sertifikasi pengelolaan hutan bersama masyarakat lestari (PHBML)
    5. Promosi/pameran dalam provinsi dan luar provinsi
    6. Menumbuhkan kewirausahaan dan kemitraan usaha
    7. Fasilitasi sarana pengolahan hasil
    8. Pengembangan informasi harga pasar
  1. Pengembangan dan pemanfaatan potensi kehutanan dan perkebunan :
    1. Pengembangan usaha hasil hutan bukan kayu (HHBK)
    2. Pengembangan sentra dan kluster unit pengolahan hasil
    3. Pengembangan aneka usaha kehutanan dan pemanfaatn limbah hasil perkebunan
    4. pengembangan ekowisata, agrowisata dan pemanfaatan jasa lingkungan
  1. Penguatan industri primer hasil hutan dan kebun :
    1. Fasilitasi rencana pemenuhan bahan baku industri (RPBBI)
    2. Menyiapkan sentra pemasaran hasil hutan
    3. Memfasilitasi penatausahaan hasil hutan
    4. Mendorong iklim usaha industri primer
  1. Pelayanan dan pemberian rekomendasi perijinan kehutanan dan perkebunan :
    1. Melaksanakan tata hubungan kerja dalam pelaksanaan proses perijinan
    2. Menyiapkan SOP pelaksanaan rekomendasi dan tata hubungan kerja perijinan.
  1. Penguatan kelembagaan dan peningkatan sumberdaya manusia
    1. Bimbingan teknis/sosialisasi, magang, temu usaha, studi banding, sekolah lapang bagi petani dan pelaku usaha
    2. Penyegaran petugas teknis (Ganis)/Pengawas ganis (Wasganis), petugas penagih Provisi Sumber Daya Hutan dan Dana Reboisasi (PSDH-DR)
    3. Penumbuhan Forest Management Unit (FMU), Unit Pengolah Hasil (UPH), Kelompok Usaha Produktif (KUP), dan Kelompok Usaha Bersama (KUB)
  1. Monitoring, evaluasi, pengawasan, dan pelaporan
    1. Penyiapan database pengusahaan hutan dan kebun
    2. Monitoring, evaluasi, pembinaan dan pengawasan pungutan iuran dan retribusi penerimaan kehutanan perkebunan;
    3. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi laporan realisasi pemenuhan bahan baku industri, realisai produksi dan system informasi pasar
    4. Melaksanakan penilaian, pembinaan dan pemberian penghargaan bagi pelaku usaha kehutanan dan perkebunan yang berprestasi
    5. Monitoring Rencana Teknik Tahunan pada Perum Perhutani
    6. Menyusun pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan

Selama kurun waktu lima tahun sejak Perda No. 3 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Provinsi Banten, Bidang PHK telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik langsung maupun tidak langsung yaitu antara lain ; Pengembangan pengolahan kelapa terpadu, Peningkatan mutu olahan kakao, kopi dan karet, Pemanfaatan dan pengembangan hasil hutan bukan kayu (HHBK), peningkatan aneka olahan produk perkebunan dan kehutanan, peningkatan mutu kemasan, promosi produk olahan melalui pameran di dalam dan luar provinsi, peningkatan kemitraan usaha, fasilitasi informasi harga pasar, fasilitasi penatausahaan hasil hutan, dan fasilitasi perijinan.

Dalam menyongsong era globalisasi dengan semakin terbuka dan persaingan pasar semakin ketat, Bidang PHK telah merintis kegiatan peningkatan mutu olahan melalui SNI wajib biji kakao, peningkatan mutu olahan karet, sertifikasi pangan organik, sertifikasi indikasi geografis, sertifikasi legalitas kayu, dan penyediaan sentra-sentra pengolahan hasil dan sentra pemasaran hasil kayu. Selain itu akan ditingkatkan pemanfaatan dan pengembangan potensi kehutanan dan perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi dan mempunyai prospek pasar eksport yaitu antara lain pengembangan minyak atsiri, pengembangan agro industri aren, pemanfaatan limbah kehutanan dan perkebunan, serta pengembangan produk primer menjadi produk jadi.

Dihadapkan pada berbagai macam tantangan dan permasalahan bagaimana meningkatkan ketersediaan bahan pangan, agroindustri produk dalam negeri; memperbaiki sistem distribusi dan meningkatkan diversifikasi konsumsi dan keamanan pangan; meningkatkan nilai tambah, mutu dan daya saing produk perkebunan dan kehutanan di pasar domestik dan internasional, regulasi dan deregulasi peraturan dan perundangan bidang ke hutanan dan perkebunan, maka untuk merealisasikan kebijakan prioritas sasaran pokok kegiatan tersebut dibutuhkan kelembagaan tani yang kuat serta sumberdaya manusia yang mumpuni sehingga upaya peningkatan SDM merupakan suatu keharusan yaitu diantaranya melalui bimbingan teknis, sekolah lapang, studi banding ke daerah yang lebih maju. Selain itu diperlukan penguatan modal kelompok  serta fasilitasi sarana pengolahan hasil tepat guna agar produk yang dihasilkan mempunyai kualitas tinggi. (amb)

 




Statistik Pengunjung

Visit Today 1,091
Total Visit 297,062
Hits Today 1,144
Total Hits 449,208
Who's Online 55

Your IP : 54.198.143.210